Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Literasi Digital

Literasi Digital

Sebagaimana diketahui bahwa literasi digital akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, terlebih setelah merebaknya Pandemi Covid 19 yang sampai sekarang belum juga melandai, bahkan kecenderungannya makin meningkat.

Tentunya kalau berbicara masalah "Literasi Digital" dalam konteks pengunaan media-media atau alat-alat digital, anak-anak kita zaman sekarang - bahkan anak kecil berumur 3 tahun- lebih mahir dari pada kita -orang dewasa- dalam mengoperasikan alat-alat tersebut. Seperti gadget, tap dan lain sebagainya.

Tapi "Literasi Digital" dimaksud bukan hanya pada bagaimana kita menggunakan alat-alat digital tersebut an sich, tapi bagaimana dalam menggunakan media-media tersebut dibarengi dengan etika dan tanggung jawab dalam penggunaannya, sehingga kita bisa mendapatkan informasi dan manfaat sebanyak-banyaknya dari media-media dimaksud.

Sebuah contoh nyata, kita menggunakan media FB ini untuk menyebarkan hal-hal yang positif dalam rangka menjaga orang lain untuk beriman, beramal shaleh dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Apakah itu dengan menulis tulisan, vidio atau pesan-pesan pendek yang bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain. Oleh karenanya, dengan pengunaan media-media tersebut disertai etika dan tanggung jawab mudah-mudahan "Literasi Digital" ini dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara, bukan malah sebaliknya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam rangka ikut memaksimalkan "Literasi Digital" ini dengan sebaik mungkin. Antara lain : 1. Menulis hal-hal yang positif. Apakah itu cerpen, puisi esay bebas, bahkan agak berat sedikit yaitu karya ilmiah dan lain sebagainya. Bisa di blog, FB, IG, WA dan lain-lain. 2. Membuat konten-konten video yang mendidik. Apakah ceramah, nasehat, motivasi dan lain-lain. Hal itu bisa dilakukan di media-media seperti; Youtube, IG, FB, WA dan lain sebagainya.

Orang-orang baik dan shaleh -Habib, Kyai, Ust, Tengku, Ajengan, Nenek Mamak (Padang)- harus mengambil peran dalam "Literasi Digital" ini, tujuannya tentu untuk memberikan warna kebaikan dalam media-media tersebut. Jangan sampai media-media itu diisi dan diwarnai oleh orang-orang yang secara nyata dan terang-terangan mengajak kepada kemungkaran, kefasikan dan kekejian. Wal iyadzu billahi min zalik.

Posting Komentar untuk "Literasi Digital"