Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEINGINAN VS KEMAMPUAN

Setiap manusia hidup pasti mempunyai keinginan, karena keinginan tersebut mengindikasikan bahwa manusia itu masih bernafas atau hidup. Namun yang menjadi persoalan adalah kadang-kadang keinginan seseorang tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga menyebabkan sesuatu yang negatif bahkan cenderung destruktif. Artinya, seseorang yang menuruti keinginannya yang tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya cenderung akan melakukan apa saja yang penting keinginannya tercapai.

KEINGINAN VS KEMAMPUAN

Untuk itu, seseorang dalam mengimplementasikan keinginannya dibagi menjadi dua. Pertama, seseorang yang mempunyai keinginan tapi tidak melihat kemampuan yang dimilikinya. Biasanya pada tipe ini adalah orang yang mempunyai berbagai keinginan untuk memenuhi gaya hidup tanpa memerhatikan kemampuan yang dimilikinya. Bahkan sampai tidak memperhatikan kebutuhan primer yang harus dipenuhi demi memenuhi keinginan untuk gaya hidup yang tidak jelas keperuntukannya.

Kedua, seseorang yang mempunyai keinginan dan memahami kemampuan yang dimilikinya. Orang yang masuk dalam tipe ini adalah orang yang benar-benar paham dengan kemampuan yang dimilikinya untuk kemudian disesuaikan dengan keinginannya. Artinya, bahwa keinginan orang dalam tipe ini bukan dalam kerangka mengikuti gaya hidup, akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dimulai dari sesuatu yang pokok atau primer.

Karena pada hakikatnya manusia hidup harus menyesuaikan semua keinginan yang dimilikinya dengan kemampuan yang ada, sehingga hidup yang dijalankan menjadi tenang, adem dan ayem insya Allah. Bukan malah sebaliknya memenuhi semua keinginan dengan tanpa mengetahui kemampuan yang dimilikinya dalam rangka mengikuti gaya hidup, apalagi untuk menuruti gaya hidup orang.

Inilah sebenarnya hikmah, mengapa dalam konsep Islam seorang muslim disuruh melihat ke bawah dalam urusan dunia dan melihat ke atas dalam urusan ibadah? Karena mengejar dunia ibarat minum air laut, semakin diminum semakin haus. Namun sebaiknya, ibadah dan taqarrub kita kepada Allah dengan cara mempertebal pengabdian kepada-Nya akan menyebabkan ketenangan dalam hidup seseorang. Walllahu a'lam.
6 Dzul-Qo'dah 1443 H.

5 komentar untuk " KEINGINAN VS KEMAMPUAN"

  1. Menurut saya keinginan dan kemampuan itu jika ingin terwujud percaya dan selalu berusaha setiap keyakinan kita bahwa kita bisa menggapai suatu keinginan kita.
    Keinginan tanpa do'a dan usaha maka kita tidak akan pernah tercapai keinginan tersebut. sedangkan kemampuan itu terkadang kala dari skil kita masing-masing dari segi ahli,bidang,dll.kemampuan kadang kalalah yang membuat kita percaya diri dengan apa yang ada didalam diri kita yang memiliki kemampuan tersebut.dengab kemampuan tersebut kita bisa mengandalkan suatu cara dengan pikiran kita sendiri.

    BalasHapus
  2. Keinginan dan kemampuan adalah hal yang berbeda,keinginan sendiri bisa dijadikan motivasi untuk tetap semangat meraih target.karena manusia hidup harus mempunyai target.sedangkan kemampuan adalah potensi dari dalam diri seseorang orang yang mempunyai kemampuan tapi jika malas untuk memanfaatkan ataupun mengembangkannya juga percuma .bagi saya keinginan dan kemampuan memang harus saling berdampingan.sadar akan kemampuan untuk yang dimiliki harus memanfaatkannya dengan baik dan keinginan yang timbul dari dalam diri harus disesuaikan dengan kemampuan dan dijadikan faktor pendorong agar tidak putus asa.

    BalasHapus
  3. Keinginan adalah hal menurut saya adalah suatu bentuk dari perjuangan dan tekad yang benar-benar ingin di dapatkan mengapa begitu?karna jika adanya keinginan maka usaha kita untuk memiliki benar-benar ingin di dapatkan.dan berbeda halnya dengan kemampuan yaitu suatu kelebihan yang ada di diri kita jadi jika kita berhasil dalam melakukan suatu tindakan ataupun aktivitas yang mempunyai penghargaan maka kita termasuk orang yang memilki kemampuan di dalam bidang tersebut.kemampuan dan keinginan juga merupakan hal yang timbal balik saling membutuhkan dan di anggap sangat penting apabila mempunyai keinginan harus juga di dapatkan dengan kemampuan🙏🏻syukron

    BalasHapus
  4. Keinginan adalah sesuatu kebutuhan lebih dari diri kita, ataupun perasaan ingin memiliki sesuatu yang masih di anggap kurang tanpa melihat kondisi. Keinginan juga tidak bersifat mengikat ataupun keharusan memiliki .keinginan hanyalah tambahan ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, tetapi terkadang ada seseorang yang ingin ingin sekali memiliki apa yang di inginkan maka dari itu dia akan berusaha mendapatkannya bagaimanapun caranya.🙏

    BalasHapus
  5. Keinginan dan kemampuan ada dua hal yang saling melengkapi. Dalam memenuhi keinginan, manusia perlu melihat kemampuan yang dimiliki. Walaupun keinginan tersebut tidak dapat diwujudkan karena minimnya kemampuan, maka wujudkan keinginan itu dengan menggunakan proses yang baik. Karena banyak orang, akan tetap mewujudkan keinginan dengan berbagai hal yang dapat dilakukan. padahal tidak semua keinginan itu harus menjadi hal yang nyata. Sebagai manusia, hidup perlu menyesuaikan kemampuan yang dimiliki untuk mewujudkan keinginan.

    BalasHapus