Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BEKERJA SESUAI DENGAN HOBI

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita 105 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2021 setelah lulus seleksi mengundurkan diri. (Lihat Kompas. Come, 27 Mei 2022). Dari beberapa alasan pengunduran diri CPNS tersebut yang mengemuka adalah besaran gaji yang akan mereka terima tidak sesuai dengan ekspektasi yang mereka harapkan selama ini.

BEKERJA SESUAI DENGAN HOBI

Berita yang sempat viral tersebut menimbulkan beberapa tafsiran di tengah-tengah masyarakat bahwa disamping karena besaran gaji yang akan diterima tidak sesuai dengan harapan mereka, ada hal lain yang mengemuka yaitu bahwa mereka yang semuanya adalah anak-anak milenial yang tentunya diperlukan pendekatan tertentu yang berhubungan dengan segala aspek dalam kaitan dengan mereka harus benar-benar diperhatikan.

Karena sebagaimana mafhum bahwa mereka sudah mempunyai dunia tersendiri yang sama sekali berbeda dengan dunia yang pernah kita alami 5 sampai 10 tahun yang lalu dalam konteks dunia kerja. Begitu juga para milenial adalah generasi yang mudah bosan dalam melakukan sebuah pekerjaan, sehingga diperlukan inovasi-Inovasi dalam kerangka menyesuaikan setiap pekerjaan yang ada dalam semua tataran.

Namun begitu, menurut hemat saya disinilah letak pentingnya kita semua bekerja sesuai dengan minat dan hobi yang dimiliki. Karena kalau pekerjaan yang kita lakoni tidak jauh dari minat dan merupakan hobi yang benar-benar kita senangi, maka apapun halangan dan rintangan yang nantinya akan dihadapi insya Allah akan disikapi dengan pejuh keceriaan dan kecintaan yang amat dalam.

Itulah rahasia mengapa banyak orang yang betah berjam-jam melukis -contohnya- bahkan lembur dan kadang-kadang sampai lupa makan karena saking asyiknya melukis. Mengaga hal tersebut sampai terjadi? Itu karena hobi terhadap melukis sudah menjadi bagian dari dirinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa betapa bekerja sesuai dengan hobi yang kita miliki akan begitu menyenangkan dan tidak akan kenal lelah.
8 Dzul-Qo'dah 1443 H.

2 komentar untuk "BEKERJA SESUAI DENGAN HOBI"

  1. Ya menurut saya bekerja dengan sesuai hobi kita itu hal yang sangat mengasyikan karena kita bisa mengembangkan hobi kita melalui pekerjaan kita ini.
    Karena terkadang seseorang mudah bosan dan kurang bersemangat kadang-kadang pula hanya terpaksa mengerjakan pekerjaan yang ia kerjakan. Bukan karena salah pilih pekerjaan, karena dari pekerjaannya tidak ada skill dibidangnya.
    Bekerja sesuai dengan hobi itu ibarat melatih lagi latihan-latihan semangat kita untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki.

    BalasHapus
  2. berkerja lah apa yang andda sukai dan apa yang bisa membuat anda bahgia,dan berkerjalah sesuai hati anda jikalau anda senang dengan perkerjaan anda niscaya anda akan bertahan lama,dan senang dan apabila anda tidak senang degn pekerjaan anda niscaya tidak akan bertahan lama

    BalasHapus