Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHAGIA ITU SANGAT SEDERHANA

Sesungguhnya bahagia itu sangat sederhana dan simple. Yang diperlu kita lakukan adalah selalu bersyukur dengan keadaan yang kita alami sekarang dengan tetap melakukan ikhtiar maksimal dengan menikmati proses itu dengan penuh bahagia. Itulah bahagia.

Sesungguhnya bahagia itu sangat sederhana dan simple. Yang diperlu kita lakukan adalah selalu bersyukur dengan keadaan yang kita alami sekarang

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bahagia selalu datang menghampiri : Pertama, konsisten dengan tugas penghambaan kita kepada Allah SWT. Manusia diciptakan Allah SWT. tugas utamanya adalah mengabdi dan beribadah hanya kepada-Nya. Ketika tugas utama itu dilakukan dengan penuh konsisten dan istikamah dengan penuh keikhlasan, maka kebahagiaan sejati akan selalu hadir di hati, dan kebahagian dengan ibadah akan hadir dalam hati yang tidak bisa dilukiskan dengan apapun.

Kedua, selalu bersyukur atas semua nikmat yang Allah berikan kepada kita. Mengapa kita harus selalu bersyukur dengan nikmat yang ada? Karena itu akan menjadi kunci ditambahnya nikmat-nikmat Allah yang lainnya. Tapi sebaliknya, kufur akan nikmat-Nya hanya akan menjauhkan dari riski-riski Allah yang lainnya.

Ketiga, selalu bersalawat kepada Rasulullah SAW. Banyak sekali faedah shalawat kalau dibaca secara istikamah dan konsisten. Diantara faedah itu adalah Allah akan menjadikan hati kita senantiasa adem, tenteram dan tenang. Karena sebagaimana mafhum, bahwa salawat-salawat yang kita baca akan langsung dibalas oleh Allah SWT. dengan pahala-pahala yang sangat melimpah.

Keempat, selalu berterima kasih kepada siapa saja yang telah berjasa kepada kira walau sekecil apapun. Karena hakikat terima kasih kita kepada orang lain merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. yang mengatakan, "Man la yasykurinnas la yasykurillah" (Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, dia tidak berterima kasih kepada Allah).

Kelima, selalu memaafkan kesalahan orang lain walau sebesar apapun. Di antara tanda kebesaran hati seseorang adalah tidak pernah menyimpan dendam dan selalu memaafkan kesalahan orang lain sebesar apapun. Karena memberi maaf adalah sikap mulia dan tindakan itu akan menjadi sumber di mana hati akan selalu bahagia dan tenang.

Mudah-mudah kita bisa istikamah untuk beribadah kepada Allah SWT., selalu bersyukur, selalu bersalawat, istikamah berterima kasih kepada orang lain yang telah berjasa kepada kita walau sekecil apapun dan istikamah memaafkan kesalahan orang lain walau sebesar apapun. Insya Allah kelima hal tersebut akan menjadi sarana di mana kita akan selalu bahagia. Wallahu a'lam.

Lubuklinggau, 17/12/22/23 J. Awal 1444 H.

3 komentar untuk "BAHAGIA ITU SANGAT SEDERHANA"

  1. Memang bahagia itu sederhana,kuncinya hanya 1 yaitu bersyukur. Sebab kebahagiaan itu bukan milik orang yang punya banyak harta,tapi kebahagiaan adalah milik orang yang pandai bersyukur. Betapa banyak orang yang harta nya banyak tapi tetap melakukan korupsi sebab tidak bersyukur atas harta tersebut. Betapa banyak orang yang keluarganya telah lengkap dan mumpuni tapi masih tetap selingkuh dengan orang lain karena tidak bersyukur atas keluarga tersebut. Namun betapa banyak pula orang yang hidupnya tidak memadai dan bahkan untuk makan saja pas-pasan tetapi ia bahagia dengan nikmat tersebut karena ia bersyukur. Maka dari itu seperti yang dijelaskan dalam al-qur`an,bahwa Allah akan menambah nikmat kepada seseorang apabila ia bersyukur.
    Wallahu a`lam

    BalasHapus
  2. Bahagia itu sederhana: sederhana tersenyum, menikmati apa yang ada, dan yang paling terpenting adalah bersyukur.
    Terkadang kita hanya berpikir bahwa saat kita sedang terpuruk, hal sederhana itulah yang kita lakukan bisa membuat kita bahagia, jangan sampai hal itu terjadi pada kita. Sesederhana yang kita pikirkan, bahagia adalah sebuah pilihan. Jika kita merasa bersyukur dan puas, kita akan merasa bahagia, tetapi jika hati kita merasa kurang, sedih, maka kita tidak akan pernah merasa bahagia.

    Satu hal yang pasti, jangan tidur dengan suasana hati yang senang, jika pantai sedang senang, akan selalu ada deburan ombak, dan jika kita terlalu terlena, kita bisa tersapu oleh ombaknya.
    Ini bukan tentang "bahagia itu sederhana" melainkan bagaimana rasa syukur kita melebihi segalanya.

    BalasHapus
  3. bahagia bukan dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

    BalasHapus